Sabtu, 18 Juli 2015

Doain Aja..

IDUL FITRI 1436 HIJRIAH

Momen yang selalu dapat membuat dada menjadi penuh sesak, bahagia, sedih, haru menjadi satu. Hari pertama lebaran jatuh tepat 2 hari sebelum umur didunia yang seyogyanya berkurang, atau bisa dibilang bertambah secara bilangan. Seperti biasa, di keluarga saya ada sebuah tradisi sungkeman yang sudah dijalankan turun temurun. Mulai dari eyang (dari bapak) ke anak, lalu ke cucu hingga saat ini sudah mencapai generasi cicit. 

Saya, Ibu dan Kedua Adik
Baru tahun ini.. saya meniatkan dalam diri saya untuk tidak menangis sesenggukan seperti 17 tahun terakhir semenjak bapak meninggal dunia. Dan baru tahun ini juga saya merasakan sebuah petuah ataupun nasihat yang sebelumnya tidak saya dapatkan. Berawal ketika sungkeman dengan bude, kakak dari (alm) bapak.

“Mas Zani maaf lahir bathin ya, maafin Bu Mami (nama bude) kalo suka ngerepotin. Semoga bisa dapet jodoh yang bisa sayang sama Ibu juga. Deg…. diam sekian detik. Tak menyangka bahasan ini akan menghampiri saya juga, akhirnya waktu itu datang. Dengan tetap berusaha tegar walaupun mata berkaca saya menjawab, “Iya bu mami, maafin zani juga. Doain aja semoga bisa dapat jodoh yang selain sayang sama zani juga sama Ibu,” . Plong.. udah lega setelah berucap itu.

Berpindah ke sungkeman orang selanjutnya tak lain adalah Ibu saya sendiri. Kala itu dari awal sudah langsung bilang, “Udah jangan nangis, maafin Mas Zani ya bu atas kesalahan zani, maaf belum bisa nyenengin Ibu. Bukannya diam, Ibu malah terisak nangisnya sambil mengatakan, “Maafin Ibu juga, lancar semua aktifitas kamu, jagain Ibu dan adik-adik. Dan semoga dapet jodoh yang baik buat kamu,” LAGI.. SOAL JODOH.. Saya kembali menjawab “Doain aja ya bu, amin” sambil menyeka air matanya.

Dua ilustrasi singkat diatas mewakili bahasan serupa dari bahasan sepupu saya ketika prosesi sungkeman berlangsung. Setelah selesai, saya bergumam dalam hati. Mungkin memang sudah pembahasan yang tepat. Terlebih dua hari lagi saya berganti usia. Pencapaian umur yang bisa dibilang untuk lelaki sudah cukup. 

Keluarga Besar (alm) H. Wiryowarsono
Apapun itu, hari ini 19 Juli 2015. Saya, Adzani Alwianto  atau bisa di jumpai di akun twitter @zaniorens (promo dikit) ulang tahun. Umur berapa sekarang zan? Coba cek nomor punggung yang pernah di pakai Rahmat Affandi, dan Agus Indra di Persija, selain nomor 11 tentunya. Alhamdulilah.. Terimakasih buat semua ucapan dan doanya, semuanya saya aminkan, dan sekali lagi.. Doain Aja.

Selesai…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar